SEMANGAT GENERASI MUDA!

Sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan wadah pembinaan dan mempersiapkan kompetensi para generasi muda Indonesia, IATMI – Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia telah menyelenggarakan program “IATMI Inspirasi Energi ”. Kegiatan ini menjangkau mahasiswa/i IATMI di 14 universitas dari Sumatera hingga Papua yang dibagi kedalam di 7 regional pelaksanaan.

Sebagai roadshow yang pertama, pada Sabtu, 25 Maret 2017 lalu IATMI telah sukses menyelenggarakan IATMI Inspirasi Energi Regional Jabodetabek di Universitas Indonesia, Depok.

1

2

3

IATMI Inspirasi Energi Regional Jabodetabek yang membawa tema “Maximize Indonesian Youth Power in Facing National Energy Development” diisi oleh Bapak Hadi Ismoyo (Wakil Ketua IATMI) dan Ibu Wahyu Wardani (Operation Manager, Schlumberger Indonesia). Selama 8 jam pelaksanaan, peserta diberikan sharing mengenai tips & trick dan hal-hal yang perlu dipersiapakan masuk ke dunia kerja (CV, interview, selection process, dan practice), pengenalan mengenai energi di Indonesia (energy outlook) dan technnology showcase. Selain sukses diikuti oleh lebih dari 130 mahasiswa/i SM IATMI yang berasal dari Universitas Indonesia, Trisakti, ITSB dan ITB, IATMI Inspirasi Energi Regional Jabodetabek juga di hadiri oleh pengurus IATMI masa jabatan 2016 – 2019 dan SM IATMI Alumni.

4

“Kedepannya, selain diharapkan mampu menjadi wadah yang tepat untuk membina, mempersiapkan serta menciptakan kader energi bangsa yang berkompeten serta mampu melanjutkan tongkat estafet eksplorasi dan eksploitasi energi Indonesia. IATMI Inspirasi Energi juga diharap mampu mempererat hubungan antar anggota SM-IATMI, pelaku industri serta KKKS dengan semangat sinergi dan kolaborasi demi kemajuan energi nasional”, ujar Bapak Gunawan Nurcahyo (Ketua Divisi Pengembangan Profesi IATMI).

5

6

Agenda selanjutnya, roadshow IATMI Inspirasi Energi akan berlanjut di Regional Jawa Tengah & DIY pada bulan Mei 2017 di Universitas Islam Indonesia (UII). Lebih dari 150 peserta yang berasal dari UPN Veteran Yogyakarta, UNDIP, UII, UGM dan Universitas Proklamasi akan hadir guna mengisi diri untuk siap bersaing dan berkontribusi di industri energi Indonesia.

_______________

IATMI Inspirasi Energi?

7

IATMI Inspirasi Energi merupakan program mengajar yang ditujukan untuk mempersiapkan generasi energi masa depan menuju dunia kerja yang dipersembahkan untuk mahasiswa IATMI se-Indonesia. Menjangkau mahasiswa IATMI di 14 universitas dari Sumatera hingga Papua yang dibagi kedalam di 7 regional pelaksanaan. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini akan bekerjasama dan didukung penuh oleh perusahaan migas & pendukungnya disesuaikan dengan regional tempat terselenggaranya kegiatan.

IATMI Inspirasi Energi tahun 2017 ini mengambil tema “Maximize Indonesian Youth Power in Facing National Energy Development”. Tema ini sangat relevan dengan kondisi Indonesia saat ini dimana “Tantangan energi” tanah air semakin besar. Hal ini mengharuskan kita untuk berupaya dan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu menciptakan invosasi pengembangan energi nasional untuk mencapai “Kedaulatan Energi” di masa datang. Oleh karena itu, dalam menghadapi tantangan ini diperlukannya “Sinergi” seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah pusat dan daerah, pelaku industri, akademisi dan mahasiswa.

IATMI Inspirasi Energi ini diharapkan dapat menjadi wadah yang tepat untuk membina, mempersiapkan serta menciptakan kader energi bangsa yang berkompeten serta mampu melanjutkan tongkat estafet eksplorasi energi Indonesia. Selain itu acara ini juga ditujukan untuk mempererat hubungan antar anggota SM-IATMI, pelaku industri serta KKKS dengan semangat sinergi dan kolaborasi demi kemajuan energi nasional.

Tujuan Kegiatan:

  1. Menciptakan sebuah wadah pembinaan dan persiapan kompetensi para seksi mahasiswa IATMI dalam ranah teknikal dan non-teknikal sebagai bekal menuju dunia kerja di industri energi.
  2. Menginisiasi kolaborasi strategis antara profesional IATMI, serta KKKS yang beroperasi didaerah seksi mahasiswa untuk dapat berbagi pengetahuan dan informasi terkait perkembangan industri energi Indonesia.
  3. Meningkatkan wawasan, rasa percaya diri dan network seksi mahasiswa IATMI dibidang pengembangan energi.
  4. Mempererat hubungan antar seksi mahasiswa, IATMI dan profesional sektor energi dalam mendukung pengembangan energi nasional.

7 Regional Pelaksanaan IATMI Inspirasi Energi:

8

  1. Regional Jakarta & Bandung (UI, Trisakti, ITSB, dan ITB) | *Sudah dilaksanakan
  2. Regional Jawa Tengah & DIY (UNDIP, UPN Yogyakarta, UNPROK)
  3. Regional Cepu (AKAMIGAS Cepu dan AKAMIGAS Balongan)
  4. Regional Riau (UIR)
  5. Regional Palembang (AKAMIGAS Palembang dan UNSRI)
  6. Regional Balikpapan (STTMIGAS Balikpapan)
  7. Regional Papua (UNIPA)

Topik Pembahasan:
Difokuskan untuk mempersiapkan mahasiswa menuju dunia kerja, topik yang diangkat diantaranya:

  1. Tips & Trick dan hal-hal yang perlu dipersiapakan masuk ke dunia kerja (CV, interview, selection process, dan practice)
  2. Pengenalan mengenai energi di Indonesia (Energy outlook)
  3. Technnology Showcase

Untuk informasi lebih detail terkait kegiatan ataupun sponsorship dapat menghubungi:

  • Kantor IATMI Pusat (pusat@iatmi.or.id ; 021 520 3057)
  • I Gusti Agung Aditya Surya Wibawa (aditya.suryawibawa@gmail.com ; +62 818 056 448 14)

Terima kasih,
SEMANGAT GENERASI MUDA!

Regards,
IATMI Inspirasi Energi
Divisi Keprofesian, IATMI 2017-2019

lihat gambar selengkapnya di Galeri

#BRAVOIATMI